STIMATA – STMIK Pradnya Paramita

Model paket reg pagi

STIMATA's Researchers at the 17th IEEE International Conference of ICT and Knowledge Engineering, Bangkok, Thailand

Rintis Budaya Publikasi di Forum Ilmiah Internasional

Tahun 2019 ini, beberapa dosen peneliti Kampus IT STIMATA mulai membuka jalan bagi terciptanya budaya publikasi di forum ilmiah internasional bagi dosen-dosen STIMATA. Adalah Dr. Tubagus M. Akhriza, dan Dr. Indah Dwi Mumpuni yang merintis upaya dimaksud. Mereka menjadi pembicara di IEEE 17th International Conference of ICT and Knowledge Engineering di Siam University, Bangkok, Thailand, pada 20-22 November lalu. Makalah mereka berjudul Dartboard-like Leaderboard forMapping Educator Career Competition in a Gamification System. Makalah tersebut merupakan luaran dari penelitian yang didanai oleh Kemristekdikti melalui skema hibah penelitian dasar 2019. Konferensi ini diikuti lebih dari 40 pembicara dari berbagai negara, seperti Indonesia, Spanyol, Jepang, Korea Selatan dan Filipina.

Usulan dart-leaderboard ini merupakan bagian dari penelitian utama yang berjudul pengembangan model gamifikasi bagi sistem karir dosen di indonesia. Gamifikasi adalah proses meng-game-kan sistem non-game dengan mengintegrasikan komponen game, seperti misi, level, player dan leaderboard. Penerapannya pada sistem karir dosen diharapkan mampu meningkatkan motivasi dosen untuk naik jabatan secara reguler, hingga ke jabatan lektor kepala dan/atau guru besar. Dua jabatan ini mengemban amanat untuk menghasilan publikasi dan paten nasiona/internasional. Di lain sisi, dosen dapat mencapai jabatan ini jika mereka memiliki gelar Doktor. Bertambahnya jumlah lektor kepala/profesor adalah indikasi peningkatan jumlah doktor dan publikasi internasional juga.

Model baru Dart-Leaderboard

Dalam gamifikasi sistem karir dosen, misi tiap dosen adalah mencapai jabatan yang lebih tinggi. Di lain sisi, leaderboard adalah komponen game yang berfungsi sebagai indikator performa pemain game dalam mencapai misi atau level yang lebih tinggi. Dr. Akhriza dan Dr. Indah mengusulkan Dart-leaderboard untuk mengatasi keterbatasan model leaderboard tradisional yang biasanya berbentuk tumpukan daftar pemain game sehingga pemain harus menggulung layar ke atas-bawah untuk melihat peta kompetisi secara keseluruhan. Selain itu, transisi karir dosen juga harus digambarkan dengan detil melalui leaderboard. Metode lama tidak mampu menggambarkan transisi ini, sehingga atmosfir persaingan antar dosen dalam mencapai misi-misinya tidak muncul.

Menggunakan dart-leaderboard, transisi karir dari/ke suatu jabatan digambarkan dengan Finite State Machine. Kemudian, semua graf transisi divisualkan ke atas lingkaran, membentuk semacam papan panahan dart. Implementasi dari model dart-leaderboard adalah berupa aplikasi prototipe dart-leaderboard berbasis Android. Leaderboard ini akan digabungkan dengan aplikasi prototipe gamifikasi sistem karir dosen yang juga berbasis Android. Aplikasi gamifikasi tersebut dilengkapi dengan sistem rekomendasi promosi karir dosen, yang juga merupakan luaran lain dari penelitian yang didanai hibah Kemristekdikti ini.

Dr. Akhriza dan Dr. Indah masing-masing adalah Ketua dan Wakil Ketua STIMATA, dan juga satu tim dalam penelitian ini. Partisipasi mereka dalam konferensi internasional bergengsi ini juga bertujuan untuk memotivasi dosen STIMATA lainnya untuk juga berani mempublikasi karya ilmiah mereka di forum ilmiah internasional.

Leave a Reply

UANG GEDUNG DAPAT NEGO SAMPAI DEAL !!!